Mobile Banking

Dalam era modern ini segala sesuatu yang bersifat instant sangat digemari oleh kebanyakan orang. Begitu banyak orang yang berusaha menemukan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya. Sifat menusia yang demikianlah yang menjadi dasar bagi para pelaku bisnis perbankan untuk menyediakan layanan perbankan dengan menawarkan berbagai mecam kemudahan bagi para nasabahnya agar mereka merasa nyaman menjadi nasabah di bankj yang bersangkutan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan dalam dunia perbankan adalah proses transaksi yang dapat dilakukan tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan ataupun ATM-nya. System tersebut merupakan system Mobile Banking atau biasa disingkan m-Banking. M-Banking ini merupakan fasilitas perbankan melelui alat komunikasi bergerak seperti Handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali system tarik tunai.

Sebagian besar bank di Indonesia telah menggunakan system ini sebagai salah satu layanan perbankan mereka, beberapa diantaranya adalah BCA, BRI, dan Bank Mandiri. Berikut ini akan dibahas system m-Banking dari ketiga bank tersebut.


BANK CENTRAL ASIA ( BCA )

Dari website resminya http://www.klikbca.com nasabah dapat mengetahui beberapa layanan perbankan dari BCA yang dapat dilakukan secara mobile. Dalam pelayanan mobile banking, BCA sebagai salah satu bank terkemuka menyediakan layanan BCA By Phone, m-BCA, dan SMS BCA.
BCA By Phone adalah produk perbankan elektronik yang disediakan untuk membantu nasabah untuk dapat menerima informasi perbankan dan melakukan transaksi financial non tunaimelalui pesawat telepon ( touch tone atau handphone ).

Layanan BCA by Phone merupakan layanan yang praktis karena nasabah tidak perlu datang ke BCA atau ATM untuk bertransaksi , aman karena BCA by Phone dilengkapi dengan system keamanan berlapis yaitu PIN dan Key , dan user friendly karena rekaman instruksi-instruksi mudah diikuti dan sangat membantu dalam bertransaksi.
Jenis-jenis layanan BCA by-phone :
1. Transaksi Finansial
• Transfer antar rekening BCA
• Pembayaran tagihan kartu kredit, tagihan telepon, tagihan telpon seluler, tagihan PLN, dan tagihan PAM.
• Isi ulang pulsa
• Pembelian tiket Garuda
2. Informasi Rekening
• Informasi saldo
• Informasi 10 transaksi terekhir
• Permintaan mutasi rekening Koran melalui faksimili
• Permintaan bukti transaksi BCA by phone melalui faksimili
3. Informasi Kartu Kredit
• Informasi saldo tagihan
• Informasi data terakhir
• Permintaandata terakhir melaluifaksimili
4. Informasi Umum pebankan
• Inforamasi nilai tukar valuta asing
• Informasi suku bunga
• Informasi umum kartu kredit
5. Menu Administrasi
• Mengubah PIN
• Aktivasi Key BCA
• Menambah/ menghapus daftar rekening penerima teransfer

Layanan BCA by Phone ini dapat dinikmati oleh para nasabah pemegang rekening / kartu BCA Prioritas, Tapres, Giro, BCA Dollar, BCA Card, dan Tahapan dengan Kartu Paspor Platinum.
Untuk informasi pendaftaran dan cara bertransaksi dapat dilihat di website resmi BCA http://www.klikbca.com/individual/silver/product.html?s=10 .

m-BCA merupakan fasilitas yang diberikan kepada para nasabah untuk bertransaksi secara mudah melalui telepon genggam yang menggunakan kartu XL, Indosat, dan Telkomsel. Berbeda dengan BCA by Phone, m-BCA merupakan jenis layanan yang dapat dilakukan tanpa melakukan panggilan, cukup dengan memilih menu melalui HP dan jawaban akan diberikan melalui SMS. Para nasabah tidak perlu takut untuk melakukan transaksi dengan m-BCA karena fitur ini telah dilengkapi dengan system proteksi yang maksimal dan penggunaan Pin dalam melakukan transaksi. Keamanan dari PIN nasabah akan dijamin selama nasabah tidak membocorkan sendiri PIN miliknya kepada orang lain.
Transaksi yang dapat dilakukan melali m-BCA adalah :
1. M-Info
Informasi yang tersedia dalam m-info ini adalah :
• Informasi saldo
• Mutasi rekening
• Info kurs
• Info suku bunga tabungan / deposito rupiah / deposito valas
• Info kode bank
• Info kode perusahaan
• Info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA
• Info saldo dan transaksi kartu kredit BCA
2. M-Transfer
• Transfer ke rekening BCA
• Transfer ke rekening bank lain
3. M-Payment
Pembayaran berbagai macam tagihan kartu kredit, PLN, PAM, handphone, telepon, asuransi, dll
4. M-commerce
Pembelian pulsa isi ulang, kartu Blitz, saham, dll
5. M-admin
Aktivasi, danti PIN dal lain-lain
Informasi pendaftaran, cara melakukan transaksi, dan beberapa persyaratan yang diperlukan dapat dilihat di website resmi BCA http://www.klikbca.com/individual/silver/product.html?s=12


SMS BCA
adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui telepon seluler dengan media SMS. Sama halnya dengan BCA by Phone dan m-BCA, SMS BCA juga merupakan layanan informasi perbankan yang mudah, praktis, dan nyaman. Informasi yang bisa diperoleh melalui SMS BCA ini adalah :
1. Informasi saldo
2. Informasi mutasi rekening
3. Informasi nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA
4. Informasi kurs
5. Informasi rekening deposito
6. Registrasi Informasi Kartu Kredit BCA
7. Penghapusan registrasi Informasi Kartu Kredit BCA
8. Informasi Limit kartu kredit BCA
9. Informasi tagihan Kartu Kredit BCA
10. Informasi Transaksi Kartu Kredit BCA
11. Pembelian pulsa isi ulang

Namun sayangnya, SMS BCA belum menyediakan layanan untuk melakukan transfer dan pembayaran tagihan seperti BCA by Phone maupun m-BCA.
Informasi lebih lanjut mengenai SMS BCA dapat dilihat di website http://www.klikbca.com/individual/silver/product.html?s=71


BANK MANDIRI

Bank Madiri yang menggunakan slogan “ Karena Waktu Anda Begitu Berharga” memberikan solusi bagi para nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan dengan lebih efektif dan efisien tanpa harus membuang waktu dengan mengantre atau mendatangi kantor cabang dan ATM mandiri. Solusi yang diberikan adalah penggunaan Layanan Mandiri Call dan Mandiri SMS.

Mandiri Call merupakan layanan perbankan otomatis 24 jam yang dapat dilakukan melalui telepon atau ponsel. Layanan ini membuat para nasabah lebih mudah dan lebih bebas dalam melakukan transaksi tanpa harus terikat dengan batasan ruang dan waktu. Transaksi yang dapat dilakukan dengan Mandiri Call adalah :
1. Transfer antar rekening Bank Mandiri
2. Pembayaran tagihan :
• Listrik (PLN)
• PAM
• Telepon / handphone
• Kartu kredit’
• Tiket pesawat / kereta Api
• Iklan
• Internet
• Telebisi berlangganan
• PBB
• Pendidikan
• Asuransi
3. Pembelian isi ulang pulsa
4. Pembukuan deposito rupiah
5. Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terakhir
6. Informasi suku bunga, kurs, rekening pinjaman.
Informasi pendaftaran Mandiri Call dapat diperoleh di http://www.bankmandiri.co.id/article/call-registrasi.asp sedangkan syarat dan ketentuan dapat diperoleh di http://www.bankmandiri.co.id/article/call-syarat-dan-ketentuan.asp

MANDIRI SMS merupakan layanan perbankan yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan melalui SMS dari ponsel nasabah. Mandiri sms ini merupakan layanan yang menawarkan kemudahan, fleksibilitas, eisiensi dan dan waktu yang tak terbatas. Jenis transaksi yang dapat dilakukan antara lain :
1. Transfer uang antar rekening Bank Mandiri maupun bank lain
2. Cek saldo tabungan, rekening valas, dan pinjaman
3. Informasi
• Tagihan Mandiri Visa
• 5 transaksi terakhir rekening
• Suku bungs deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
4. Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, PLN, telpon genggam, dll
5. Pembelian voucher isi ulang
6. Notifikasi SMS
7. Perubahan PIN
Informasi tersebut dapat diakses dari http://www.bankmandiri.co.id , untuk cara registrasi dapat dilihat di http://www.bankmandiri.co.id/article/sms-registrasi.asp dan syarat dan ketentuan dari http://www.bankmandiri.co.id/article/823148017834.asp?article_id=823148017834


BANK RAKYAT INDONESIA ( BRI )

Bank Rakyat Indnesia sebagai bank miliki negra juga tidak mau kalah dengan pesaingnya yang lain baik dari golongan bank negri maupun swasta. Dalam pelayanannya, BRI juga memberikan layanan mobile banking bagi para nasabahnya, layanan tersebut berupa SMS Banking BRI, mATM bersama, dan Phone Bankng BRI.
Sms banking BRI adalah layanan perbankan BRI dengan menggunakan Plain SMS dengan kode akses 3300 sebagai nomor tujuan. Jenis transaksi yang dapat dilakukan adalah :
1. Info saldo
2. Transfer antar rekening BRI
3. Pembayaran tagihan kartu kredit BRI, Citibank, dll
4. Pembelian pulsa isi ulang
5. Ganti PIN SMS BRI
6. Informasi transaksi

mATM Bersama adalah layanan Mobile banking yang bekerjasama dengan ATM Bersama yang teah mempunyai 67 Bank Member yang tergabung di dalamnya. Menu mATM bersama akan menjadi default menu pada pengguna katru Telkomsel. Fitur transaksi yang diberikan dalam m-ATM Bersama adalah :
1. Info saldo
2. Transfer antar bank / pembayaran kartu kredit BRI
Informasi pendaftaran, syarat dan ketentuan yang berlaku, serta cara melakukan transaksi dapat dilihat pada website resmi BRI http://www.bri.co.id/JasaLayanan/JasaBank/Ebanking/SMSBankingBRI/tabid/230/Default.aspx

Phone Banking BRI adalah fasilitas layanan melalui telepon sekama 24 jam yang menyediakan informasi dan transaksi produk Perbankan melalui mesin. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain :
1. Informasi saldo
2. Informasi produk banking
3. Informasi suku bunga BRI
4. Transfer antar rekening BRI
5. Pembayaran tagihan listrik, telpon, tagihan telpopn seluler pasca bayar, tagihan kartu kredit, tagihan cicilan kredit kendaraan
6. pembelian pulsa telpon seluler

info mengenai Phone Banking Mandiri dapat dilihat pada website http://www.bri.co.id/JasaLayanan/JasaBank/Ebanking/PhoneBankingBRI/tabid/231/Default.aspx

Berdasarkan layanan-layanan yang diberikan oleh masing-masing Bank tersebut, saya akan memilih menggunakan m-BCA.Selain karena fiturnya yang lebih lengkap,BCA memiliki kelebihan dengan memberikan contoh atau demo dalam melakukan transaksi yang tersedia dalam website-nya yang telah disebutkan diatas. Contoh transaksi tersebut tentu saja memudahkan nasabah karena nasabah bisa memperoleh gambaran tentang cara bertransaksi dari ponselnya. Demikian pula dengan cara pendaftaran si ATM maupun formulir yang harus diisi apabila nasabah melakukan pendaftaran di kantor cabang BCA. Selain itu BCA telah bekerjasama dengan banyak operator dalam layanan SMS Banking, bahkan tak hanya operator GSM namun juga operator CDMA. Disamping itu m-BCA dapat diakses dengan mudah dan balasan atau jawaban atas transaksi yang dilakukan oleh nasabah relatif cepat dan caranyapun mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: