Blog Saya

KELEMAHAN SISTEM PERBANKAN

Dalam Surat Edaran No.5/22/DPNP tanggal 29 September 2003 tentang Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern bagi Bank Umum yang merupakan pedoman tentang mekanisme pengawasan yang ditetapkan
oleh manajemen Bank secara berkesinambungan guna menjaga dan mengamankan harta kekayaan Bank, menjamin tersedianya laporan yang lebih akurat, meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, mengurangi dampak kerugian termasuk kecurangan ( fraud ) dan meningkatkan efektivitas organisasi dan meningkatkan efisiensi biaya, dijelaskan bahwa bank yang ada di Indonesia terikat dalam ketentuan mengenai Rahasia Perbankan dan hanya Dewan Komisaris, Direksi, Satuan Kerja Audit Intern, serta Pejabat dan Pegawai Bank yang dapat mengakses data-data penting yang ada di dalam sebuah bank.

Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan “ Bank sekurang-kurangnya harus memiliki dan memelihara system informasi menajemen yang diselenggarakan, baik dalam bentuk elektronik, maupun bukan elektronik. Mengingat bahwa system informasi elektronik dan penggunaan teknologi informasi tersebut mempunyai dampak resiko, maka Bank harus mengendalikannya secara efektif guna menghindari adanya gangguan usaha dan kemungkinan timbulnya kerugian Bank yang signifikan.” Penjelasan tersebut menguatkan bahwa pihak intern dalam sebuah bank memiliki otoritas yang tinggi dalam mengelola dan mengawasi sebuah bank, sehingga tidak menutup kemungkinan para pejabat bank mendapatkan akses yang sangat besar dalam sebuah bank dan kemudahan tersebut dapat mendorong para pejabat yang memiliki moral yang tidak baik untuk melakukan fraud.

Dalam film yang berjudul Fire Wall nampak jelas bahwa pembobolan bank yang direncanakan oleh pihak ekstern dari Bank yang bersangkutan ( Biil Cox ) memanfaatkan pegawai ( Jack Standfield ) yang memiliki otoritas untuk mengakses data secara mudah karena ia memiliki kedudukan dalam bank tersebut dan ia secara syah mempunyai tugas mengawasi segala kegiatan operasional di dalam perusahaan tersebut sehingga tidak mengherankan apabila pegawai tersebut mengakses data rahasia yang berkaitan dengan dana milik nasabah yang disimpan dalam bank tersebut, namun letak permasalahannya keudian muncul ketika pegawai yang bersangkutan melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga berdasarkan film tersebut dapat ditemukan beberapa kelemahan sebagai berikut :
1. Berdasarkan Surat Edaran yang tersebut diatas, tanggung jawab dan peran yang sangat besar dari pihak internal Bank justru menjadi boomerang ketika pihak eksternal memanfaatkan mereka untuk melakukan pembobolan. Peran yang sudah terlegitimasi tersebut membuat karyawan yang lain merasa wajar apabila atasannya mengakses data yang bersifat rahasia tanpa mereka tahu apa yang sebenarnya terjadi.
2. Pejabat Bank yang lain tidak melakukan pengendalian intern yang efektif sehingga proses identifikasi terhadap praktek perbankan dan pelaksanaan organisasi yang tidak sehat tidak dapat diketahui secepat mungkin.
3. Nilai-nilai etika dan komitmen pribadai terhadap pengembangan bank yang sehat yang dimiliki oleh karyawan tersebut terkalahkan oleh kepentingan karyawan yang bersangkutan sehingga ia memanfaatkan kesempatan yang ia miliki dalam mengakses data guna melakukan suatu penyimpangan demi menyelamatkan keluarganya.
4. Pengendalian umum yang meliputi pengendalian terhadap operasional pusat data, system pengadaan dan pemeliharaan software, pengamanan akses, serta pengembangan dan pemeliharaan system aplikasi yang ada pada saat tertentu hanya dijalankan oleh satu orang sehingga ketika petugas yang bersangkutan tidak ditempat dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang mengetahui kunci dari operasional system tersebut.

Dalam kasus lain yang terjadi dalam dunia nyata, tidak menutup kemungkinan pembobolan bank yang terjadi justru dilakukan secara sadar dan terencana oleh pihak internal dari bank yang bersangkutan. Sebagai contoh sebuah kasus yang terjadi pada Bank BRI dimana seorang teller-nya selama kurun waktu enam tahun melakukan kecurangan hingga ia berhasil meraup penghasilan lebih dari Rp 3 miliar dari membobol bank tempat ia bekerja. Pemeriksaan BPK menyebutkan bahwa teller tersebut melakukan pembobolan dengan cara gali lubang tutup lubang yang berasal dari uang setoran dan pencairan dana 28 rekening Britama dan dua rekening deposito. Dari kasus tersenut Nampak jelas kelemahan bank yang bersangkutan dari sisi pengawasan yang menyebabkan teller tersebut dapat beraksi secara mulus selama 5 tahun dan baru tercium oleh tim audit investigasi BRI pada awal tahun keenam. Kasus serupa juga cukup banyak terjadi pada bank-bank lain dengan melibatkan pihak internal dari bank yang bersangkutan.

Kasus lain yang belum lama ini terjadi dan cukup mengejutkan adalah peristiwa pembobolan ATM, yang disebut dengan ATM fraud, dengan menggunakan sebuah peralatan yang disebut dengan ATM skimming. ATM skimming merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyaring data dari kartu ATM dan kartu kredit dan kemudian disimpan ke dalam sebuah device agar kodenya bisa diduplikasi. Jika kode tersebut didapat maka kartu ATM dengan kode tersebut bisa diduplikasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kemudian untuk mendapatkan PIN dari para nasabah, para pelaku memasang spycam yang ditempelkan pada badan ATM untuk mengintip PIN yang kita masukkan saat bertransaksi. Dalam kasus seperti ini, dapat disimpulkan bahwa bank yang bersangkutan memiliki kelemahan dalam system pengamanan, evaluasi, dan pendeteksian terhadap mesin ATM yang mereka miliki.

Sumber :
•http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2004/12/13/EB/mbm.20041213.EB94493.id.html
•http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt4b5902ead54a7/atm
•http://ajrc-aceh.org/berita/kelalaian-pengawas-penyebab-utama-kebobolan
•Surat Edaran No.5/22/DPNP tanggal 29 September 2003 tentang Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern bagi Bank Umum

Axapta, Oracle ERP, dan SAP

ERP adalah system terpadu berbasis computer yang digunakan untuk mengelola sumber daya internal dan eksternal perusahaan. ERP merupakan arsitektur perangkat lunak yang bertujuan untuk memfasilitasi aliran informasi antara semua fungsi bisnis di dalam batas-batas organisasi dan mengelola koneksi ke stakeholder di luar.
Berikut ini akan dibahas 3 software ERP yang ada pada saat ini.

1. AXAPTA
Micfosoft Axapta yang saat ini dikenal dengan nama Micfosoft Dynamics Ax adalah sebuah aplikasi bisnis yang dilengkapi banyak fungsi terpadu. Mulai dari modul manufacturing, supply chain management, financial management, sampai dengan business analysis. Sebagaimana software ERP yang lain, Axapta dapat megintegrasikan berbagai bagian dalam perusahaan dan mempercepat penerimaan informasi dari masing-masing bagian sehingga dapat membantu manager dalam pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan akan sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki multi lokasi.
Microsoft Dynamics AX terbagi kedalam berbagai kategori, yaitu : Modul Financial ( buku besar, piutang, dan kewajiban ), Modul Distributon ( pesanan pembeli , persediaan, dan kebutuhan barang baku ), Modul Project ( manajemen proyek )

Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Dynamics AX ini antara lain :
a. Microsoft Dynamics AX ini menggunakan platform microsft sehingga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan produk Microsoft lainnya. Tampilan dari software inipun mirip dengan aplikasi Microsoft pada umumnya sehingga lebih familiar dang lebih mudah mengoperasikannya.
b. Jika dibandingkan dengan yang lain, Microsoft Dynamics AX sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi. Jika dalam perusahaan sudah terbuasa menggunakan satu cara input data, maka cara itu tidak perlu mengalami perubahan yang berarti karena sifat fleksibel yang ia miliki.
c. Bagi sebuah perusahaan dengan skala yang besar, Microsoft Dynamics AX adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu perusahaan dalam menerima informasi terbaru dari berbagai bagian dalam perusahaan dan bahkan dapat meng-update data dari kantor cabang perusahaan yang berbeda lokasi. Sebagai contoh, manager bagian persedian dari sebuah perusahaantidak perlu bertanya-tanya kepada manager bagian produksi mengenai berapa banyak bahan baku yang perlu dibeli karena informasi mengenai pesanan dan skala produksi akan ter-update setiap saat dan dapat membeikan informasi yang tepat bagi manager bagian persediaan.
d. Microsoft Dynamics AX mampu memperluas areal bisnis di internet. Solusi yang ditawarkan dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dari yang paling dasar hingga akses langsung ke klien, mitra, pegawai, dan juga komunitas dagang. Solusi ini juga sangat membantu bagi perusahaan yang bergerak dalam areal yang sangat luas yang bahkan mencapai skala internasional kareana dapat disesuaikan dengan semua mata uang dan bahasa.
e. Microsoft Dynamics Ax terjangkau bagi perusahaan kelas menengah kebawah.

Kelemahan yang ada pada Microsoft Dynamics AX adalah :
a. Dalam Microsoft Dynamics Ax hanya tersedia beberapa modul yang dinilai kurang lengkap dan tidak menunjang bagi beberapa bagian dalam perusahaan.
b. Microsoft Dynamics Ax hanya cocok digunakan pada platform Windows

2. ORACLE ERP
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu system manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle pertama kali dikembangkan pada tahun 1977 dan hingga saat ini Oracle memasarkan jenis basis data yang dapat digunakan pada berbagai jenis dan merk platform seperri Mac, LINUX dan Windows, namun yang lebih ditekankan adalah platform menengah seperti UNIX dan LINUX. Hingga saat ini Oracle telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Oracle 11g.
Modul yang terdapat dalam Oracle adalah : Inventary, pembelian, pengelolaan pesanan, BOM, WIP, penetapan biaya, ASCP, MRP, ODP, WMS, AP, AR, GL, FA, CM.

Kelebihan Dari Oracle ERP adalah :
a. Oracle bekerja di jaringan computer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstal Oracle bertangungjawab menangani proses database, sementara client/workstation yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangai kemacetan jaringan.
b. Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space pada harddisk sehingga ruangan harddisk termanfaatkan secara efisien.
c. Oracle mendukung pelayanan multiuser yang terkoneksi pada waktu yang sama dan mengakses data yang sama serta mengatur system agar pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak pada waktu yang hampir bersamaan karena Oracle dapat menggunakan berbagai system operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data. Dengan fasilitas ini, Oracle mampu menghindari konflik data dengan baik. Selain itu Oracle dapat menjalankan database selama 24jam dalam sehari sehingga pemisahan system computer dan proses backup dapat dilakukan secara online tana harus mematikan database.
d. Oracle memiliki fitur yang baik untuk membatasi dan dan memonitor akses data sehingga dapat menghindari akses database dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Control untuk mengendalikan data tersebut ddapat mengendalikan data dari manapun sehingga tidak perlu membuat kode di banyak aplikasi, cukup di satu database Oracle saja.
e. Oracle dapat berjalan di berbagai system operasi dan aplikasai yang emnggunakan data Oracle dapat dengan mudah megakses data Oracle yang berjalan di system apapun.
f. Oracle dapat memishkan datebasenya dalam computer-komputer yang secara fisik erpisah namun secara logis terlihat seperti satu database.
g. Oracle mampu menduplikasi database object dalam lokasi server yang berbeda-beda. Hal ini sangat membantu jika salah satu sdeervver rusak maka server lain dapat langsung menggantikan fungsinya.

Kelemahan dari Oracle ERP adalah :
a. Ukuran yang dibutuhkan menjadi lebih besar. Dengn penyimpanan di dalam database, setidaknya dibutuhkan ukuran tambahan untuk indexing dan ukuran redo log yang besar pula.
b. Akses menjadi lebih lambat.
c. Lisensi Oracle sangat mahal, lebih mahal dari Microsoft Dynamics Ax dan SAP dehingga Oracle lebih banayk digunakan pada perusahaan pada kelas atas karena tidak terjangkau bagi kelas bawah dan menengah.

3. SAP
SAP adalah perusahaan software terbesar keempat di dunia yang berpusat di Jerman dan berdiri sejak tahun 1972. SAP menawarkan solusi ERP lengkap dengan modul yang terintegrasi untuk CRM dan SCM. Mereka memiliki solusi yang komprehensif untuk mengatasi kebutuhan industry terutama manufaktur. SAP dapat membantu pengguna dalam mengangani Customer Relationship Management, ERP , Product Lifecycle, Supply Chain Management, dan Supplier Relationship Management. SAP mengutamakan produknya bagi perusahaan kelas menengah ke atas.

Keunggulan SAP adalah :
a. Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP tergolong sangat lengkap karena terdiri dari berbagai macam modul yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang bergerak pada berbagai macam bidang usaha. Modul-modut tersebut antara lain dapat membantu pengguna dalam hal Financial and controlling, Project System, Sales and Distribution, Production Planning, dan Material Management.
b. Implementasi SAP terbukti secara signifikan dapat mengurangi proses administrative, mendukung cost reduction, dan meningkatkan produktifitas.
c. Hambatan memperoleh informasi dapat dihilangkan karena informasi yang ada bukan lagi milik unit kerja melainkan milik perusahaan.

Kelemahan SAP adalah :
a. Untuk mendapatkan keuntungan penuh dari penggunaan SAP harus terjadi penggantian 90% hingga 100 % teknologi yang ada sebelumnya. Hal ini menyebabkan berubahnya budaya kerja yang telah ada sebelumnya.
b. Penggantian system memerlukan biaya yang tinggi dan waktu implementasi bisa berkepanjangan.

Sumber :
http://www.metrodata.co.id
http://id.earticlesonline.com
http://www.find-pdf.com/cari-kegunaan+oracle.html
http://computingchannel.co.id/software/database/oracle-software-basis-data-yang-handal
http://www.chip.co.id/direct/?p=3376
http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle
http://id.wikipedia.org/wiki/SAP_AG
http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Dynamics_AX

BROWSER WARS DAN DOTCOM BUBBLE BURST

BROWSER WARS
Browser Wars muncul karena anggapan bahwa Internet Explorer (software bawaan dari Microsoft ) telah memonopoli pasar Web Broser dengan kebijakannya menyertakan Internet Explorer sebagai Web Browser gratis yang bisa didapatkan dengan menggunakan Sistem Operasi Microsoft pada PC pengguna. Hal tersebut tentu saja “mematikan” Netscape (Web Browser yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer ) karena pengguna akan enggan menginstal Web Browser baru apabila dihadapan mereka tekah tersedia sebuah aplikasi yang bisa mereka dapatkan dengan mudah dan gratis. Berbeda dengan anggapan Netscape sebagai pesaing yang menyatakan hal tersebut sebagai praktek monopoli dan praketk bisnis tidak sehat, Microsoft justru menganggap hal tersebut sebagai hasil dari Inovasi dan Kompetisi.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah AS melalui Departemen Kehakiman melakukan sebuah penyelidikan mengenai dugaan-dugaan tersebut. Penyelidikan tersebut kemudian berlanjut pada persidangan-persidangan, dan selama proses persidangan tersebut ditemukan bahwa Microsoft telah mengancap produsen PC dengan mencabut lisensi mereka untuk mendistribusikan Windows apabila mereka menghilangkan ikon Internet Explorer dari desktop awal. Hasil dari persidangan tersebut, yang menyatakan bahwa Internet Explorer talah melanggar Bagian 1 dan 2 dari UU Sherman, dan salah satu penyelesaian yang direkomendasikan adalah bahwa Microsoft harus dipecah menjadi dua unit yang terpisah, satu untuk menghasilkan sistem operasi, dan satu untuk memproduksi komponen perangkat lunak lain, pada akhirnya dibalas dengan upaya banding dari pihak Microsoft. Setelah ditempuh berbagai persidangan pada akhirnya ditemukan kesepakatan bahwa Microsoft harus memberikan opsi bagi para pengguna untuk dapat memilih sendiri Web Browser yang mereka inginkan dan memberi kemudahan bagi para pengguna untuk menginstal Web Browser lain yang mereka inginkan disamping Internet Explorer yang tetap disediakan dari pihak Microsoft. Namun pada akhirnya persaingan tersebut tetap dimenangkan oleh Internet Explorer karena inovasi-inovasi baru ciptaannya yang menarik, sedangkan Netscape makin lama makin tenggelam dan kemudian diakuisisi oleh perusahaan lain dan bersama-sama menciptakan Mozilla Firefox.

Peran serta pemerintah tersebut tentu saja berkaitan dengan upaya menghapuskan monopoli browser yang terjadi pada waktu itu. Web browser yang merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, dan menyajikan sumber-sumber informasi yang terdapat pada World Wide Web ( www) merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis e-commerce yang merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, www, atau jaringan komputer lainnya, sehingga pemerintah merasa perlu untuk turun tangan dalam menyelesaikan masalah tersebut agar monopoli dari pihak Microsoft tersebut dapat dihentikan karena bisnis Browser termasuk sebuah bisnis besar karena Browser merupakan sebuah sarana bagi pengguna untuk dapat menjelajah internet dan melakukan bisnis dari situ. Sehingga upaya tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan kepada Web Browser yang lain untuk turut serta dalam persaingan bisnis browser yang ada pada waktu itu.

DOTCOM BUBBLE BURST
Dotcom bubble merupakan suatu gelembung spekulatif yang terjadi pada tahun 1995-2000. Periode ini diawali dengan semakin banyaknya perusahaan berbasis internet yang sering disebut dengan dot-com yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dengan sangat pesat pada masa itu. Pada waktu itu potensi website yang menyediakan informasi dan memungkinkan pengusaha menjalankan bisnis secara on-line dilirik besar-besaran oleh para investor. Hal tersebut berdasarkan pada anggapan dan spekulasi jangka pendek yang bermula dari pengalaman meningkatnya harga saham pada masa itu. Karena adanya anggapan dan harapan bisnis tersebut akan menghasilkan laba yang sangat besar maka para investor berlomba-lomba manginvestasikan dana yang sangat besar untuk masuk ke bidang on-line. Kemudian pada tanggal 10 Maret 2000 gelembung dana tersebut pecah karena peningkatan suku bunga di Amerika. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi suatu keuntungan, peristiwa inilah yang kemudian dikenal dengan Dotcom Bubble Burst. Hal lain yang menjadi penyebab peristiwa ini adalah kinerja yang buruk dari para pelaku perusahaan on-line. Mereka terlanjur memimpikan target penjualan yang tinggi, namun kinerja mereka yang buruk pada Natal tahun 2009 menyebabkan target penjualan mereka tidak tercapai. Banyak perusahaan on-line yang mengalami kerugian dan kemudian hancur karena peristiwa tersebut. Kebangkrutan tersebut tentu saja juga membrikan dampak negative bagi para karyawan, mereka kehilangan pekerjaannya. Hal tersebut menyebabkan perekonomian terguncang karena meningkatnya jumlah pengangguran pada waktu itu.

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Masalah_e-commerce
http://en.wikipedia.org/wiki/United_States_v._Microsoft
http://en.wikipedia.org/wiki/Dot-com_bubble
http://74.125.153.132/search?q=cache:xUHpnnCIABcJ:www.waena.org/index.php%3Foption%3Dcom_content%26task%3Dview%26id%3D3312%26Itemid%3D45+penyebab+dotcom+bubble+burst&cd=9&hl=id&ct=clnk&gl=id
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_browser
http://www.davidallen.org/papers/Dynamic%20Policy.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Browser_wars
http://id.wikipedia.org/wiki/Netscape_Navigator
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Explorer

ANALISIS TCO KONEKSI INTERNET BROADBAND
Memasuki tahun 2008, para pengguna internet disuguhi suatu cara baru yang membuat mereka lebih mudah terkoneksi dengan internet di manapun mereka berada. Salah satunya adalah dengan menggunakan modem yang dapat dengan mudah dibawa bepergian kemanapun pengguna inginkan. Disamping itu, para pengguna juga dapat memilih berbagai macam paket harga yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna, hal tersebut didukung dengan adanya berabagai Internet Service Provider yang saling bersaing dalam memberikan pelayanan dan berbagai tingkat harga.
Dalam kesempatan kali ini, akan dijabarkan Total Cost of Ownership dari ketiga ISP berikut ini :

1. IM2
Indosat sebagai salah satu penyedia layanan komunikasi memunculkan pula IM2 sebagai penyedia layanan internet wireless berbasis modem pada tanggal 15 Oktober 2008 yang lalu. Produk yang diberikan berupa IM2 Broom Unlimited yang merupakan layanan akses internet prabayar pertama di Indonesia. Saat pertama kali muncul, IM2 memberikan tarif bulanan sebesar Rp 100.000 dengan kecepatan hingga 256 Kbps. Satat ini Im2 telah menawarkan jenis produk yang lebih beragam dengan kemampuan dan tariff yang berbeda pula. Beberapa diantaranya adalah :

IM2 PRIME Unlimited
1. ECO Biaya bulanan Rp 160.000 ; Quota 2 GB ; Normal Speed mencapai 384 Kbps, Unlimited Speed mencapai 64 Kbps
2. ECO FIT Biaya bulanan Rp 259.000 ; Quota 2 GB ; Normal Speed mencapai 384 Kbps, Unlimited Speed mencapai 64 Kbps
3. YOU Biaya bulanan Rp 350.000 ; Quota 3 GB ; Normal Speed mencapai 1,5 Mbps, Unlimited Speed mencapai 64 Kbps
4. PRO Biaya bulanan Rp 625.000 ; Quota 3,5 GB ; Normal Speed mencapai 13,6 Mbps, Unlimited Speed mencapai 128 Kbps
5. MAX Biaya bulanan Rp 900.000 ; Quota 5.5 GB ; Normal Speed mencapai 13,6 Mbps, Unlimited Speed mencapai 128 Kbps

IM2 PRIME Reguler
1. ECO Biaya bulanan Rp 160.000 ; Quota 700 MB ; Normal Speed mencapai 3,6 Mbps
2. ECO FIT Biaya bulanan Rp 259.000 ; Quota 700 mB ; Normal Speed mencapai 3,6 Mnps
3. YOU Biaya bulanan Rp 350.000 ; Quota 1,2 GB ; Normal Speed mencapai 3,6 Mbps
4. PRO Biaya bulanan Rp 625.000 ; Quota 3 GB ; Normal Speed mencapai 3,6 Mbps
5. MAX Biaya bulanan Rp 900.000 ; Quota 5 GB ; Normal Speed mencapai 3,6 Mbps

Kedua paket datas merupakan paket post-paid. Sedangkan paket pre-paid yang disediakan oleh Im2 adalah :
a. Paket Broom Asik
Paket ini dapat diperoleh dengan harga Rr 75.000 dengan voucher senilai Rp 50.000. kecepatan akses mencapai 3.6 Mbps dengan tariff pemakaian Rp 0,5/KB. Kuota pemakaian sebesar 120MB.

b. Paket Broom Xtra-2
Terdiri dari paket Clasic dan Unlimited.
Paket Clasic dapat di[eroleh dengan harga Rp 175.000 sudah termasuk voucher senilai rp 150.000. kecepatan akses mencapai 3.6 Mbps dengan tariff Rp 0,5/KB. Kuota pemakaian sebesar 300MB.
Paket Unlimited dapat diperoleh dengan harga yang sama dengan paket Clasic,demikian pula voucher yang termasuk didalamnya. Yang membedakan adalah tariff yang berlaku sebesar Rp 150.000/bulan. Kecepatan akses sebelum melewati threshold adalah maksimal 500MB, dan setelah melewati threshold kecepatan akan menurun hingga lebih rendah dari 64 Kbps.

c. Paket Broom Bastis
Seperti halnya paket Broom Xtra-2, paket Broom Bastis terdiri dari paket Clasic dan Unlimited.
Paket classic dapat diperoleh dengan harga Rp 275.000 dengan voucher senilai Rp 200.000. tariff pemakaian senilai Rp 0,5/Kb dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps dan kuota pemakaian sebesar 400MB.
Paket Unlimited memiliki harga perolehan dan nilai voucher yang sama dengan paket Broom Clasic, perbedaannya terletak pada tariff Unlimited yang dinilai secara bulanan, tariff yang beraku sebesar Rp 200.000/bulan. Kecepatan akses sebelum melewati threshold adalah maksimal 3 GB, dan setelah melewati threshold kecepatan akan menurun hingga lebih rendah dari 64 Kbps.

IM2 dapat diperoleh di counter-counter yang tersedia di sekitar kita atau secara bersamaan ditempat di mana kita membeli modem. IM2 dapat dinikmati dengan terlebih dahulu membeli Starter Pack yang berisikan USIM dan voucher perdana senilai Rp 150.000. cara aktivasinya pun cukup mudah, pengguna cukup mengunjungi website http://www.indosatm2.com/aktivasi3G , kemudian pengguna tersebut akan diminta memasukkan nomor identitas pelanggan beserta nomor aktivasi yang terdapat pada kartu prabayar di kolom yang ditentukan dan memilih produk yang diiinginkan.
Keunggulan yang terdapat pada produk IM2 adalah system vouchernya yang terintegrasi. Para pengguna dapat mengisi ulang kartu Im2-nya dengan voucher Indosat yang lain seperti Im3, Mentari, dan Matrix. Hal ini akan sangat membantu bagi mereka yang tinggal jauh dari pusat kota dan tidak dapat dengan mudah membeli vouher isi ulang Im2. Keunggulan yang lain adalah adanya garansi bagi para pengguna jika terjadi eror atau trouble pada account mereka selama member tidak berbuat curang atas account tersebut. Selain itu terdapat pula kelemahan yang dapat menjadi nilai minus bagi Im2, yaitu sifatnya yang tidak stabil. Para pengguna terkadang harus dikecewakan dengan ketidakstabilan yang membuat mereka tidak bisa terkoneksi dengan internet pada saat-saat tertentu atau bahkan di siang hari, dan sekalipun bisa koneksi dengan internet akan berjalan dengan sangat lambat. kelemahan yang kedua adalah system kuota yang memaksa pengguna meningkatkan tariff berlanggana mereka untuk mendapatkan pelayanan internet dengan kecepatan yang sama dengan paket yang mereka gunakan sebelumnya. Dan yang ketiga adalah Im2 tidak menyediakan layanan Call center bagi para pelanggan yang merasakan kesulitan, satu-satunya cara untuk menghubungi customer service adalah melalui email ke e-service@indosatm2.com . Hal lain yang merupakan perpaduan dari kelebihan dan kekurangan Im2 adalah system multi user satu kartu yang memungkinkan pengguna menggunakan kartu milik orang lain ketika pengguna tidak membawa kartu milik mereka. Dari sisi kita sebagai yang menumpang akan merasa diuntungkan, namun tidak demikian bagi pemilik asli kartu tersebut karena hal itu akan membuat kuota yang mereka miliki cepat menurun.

2. SMART
Smart merupakan penyedia layanan internet dari golongan CDMA. Sama halnya dengan Im2, Smart memiliki berbagai penawaran harga dan kemampuan yang menarik dan dapat menjadi alterntif bagi para penggunanya. Paket yang ditawarkan oeh Smart adalah :
1. Paket Regular
Kecepatan download 153.6 Kbps, Upload 128 Kbps, tarif harian Rp 3000, tarif mingguan Rp 15.000, dan tarif bulanan sebesar Rp 45.000
2. Paket Silver
Kecepatan download 512 Kbps, Upload 128 Kbps, tarif harian Rp 5000, tarif mingguan Rp 25.000, dan tarif bulanan sebesar Rp 75.000
3. Paket Gold
Kecepatan download 1024 Kbps, Upload 384 Kbps, tarif harian Rp 8000, tarif mingguan Rp 40.000, dan tarif bulanan sebesar Rp 120.000
4. Paket Platinum
Kecepatan download 3.1 Mbps, Upload 384 Kbps, tarif harian Rp 10.000, tarif mingguan Rp 50.000, dan tarif bulanan sebesar Rp 150.000
5. Paket Ultimate
Kecepatan download 3.1 Mbps, Upload 1.8 Mbps, tarif harian Rp 15.000, tarif mingguan Rp 75.000, dan tarif bulanan sebesar Rp 225.000

Paket-paket tersebut merupakan paket unlimited yang dapat dipergunakan dengan sangat mudah. Cara pengaktifannya adalah denganmenekan nomor dengan format seperti dibawah ini dan kemudian menekan OK/YES.
1. Paket Reggular
Harian : *333*1*0 Mingguan : *333*7*0 Bulanan : *333*30*0
2. Paket Silver
Harian : *333*1*1 Mingguan : *333*7*1 Bulanan : *333*30*1
3. Paket Gold
Harian : *333*1*2 Mingguan : *333*7*2 Bulanan : *333*30*2
4. Paket Platinum
Harian : *333*1*3 Mingguan : *333*7*3 Bulanan : *333*30*3
5. Paket Ultimate
Harian : *333*1*4 Mingguan : *333*7*4 Bulanan : *333*30*4

Smart memiliki keunggulan dalam hal tariff yang mencapai tingkat harian. Paket tersebut tentu saja akan sangat menarik bagi para pengguna yang tidak terlalu sering menggunakan internet, mereka akan diberi kemudahan dengan memilih tariff yang mereka inginkan dan mengaktifkannya hanya jika mereka membutuhkannya, sehingga tidak akan ada yang terbuang sia-sia. Kelebihan yang lain adalah Smart menyediakan modem HP yang memiliki dwi fungsi, yaitu sebagai ala komunikasi sehari-hari dan sebagai modem ketika pengguna akan melakukan koneksi dengan internet. Sedangkan kekurangan yang menjadi kelemahan Smart adalah jaringannya yang masih terbatas dan belum menjangkau daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Hal tersebut tentu saja akan membuat orang-orang yang tinggal di daerah merasa enggan menggunakan Smart. Selain itu, sama halnya dengan yang lain, kecepatan akses Smart semakin lama akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna.

3. TELKOMSEL Flash

TelkomselFlash merupakan penyedia jasa internet yang diluncurkan oleh Telkom. Sistem dalam Telkomflash ini tidak jauh berbeda dengan pesaingnya yang lain, Telkomflash menyediakan paket layanan menarik sebagai berikut:
a. Paket Unlimited (tanpa modem,tanpa kontrak)
1. Paket Basic : Rp 125.000,-/bulan ; kecepatan hingga 256 Kbps.
2. Paket Advance : Rp 225.000,-/bulan ; kecepatan hingga 512 Kbps
3. Paket Pro : Rp 400.000,-/bulan ; kecepatan hingga 3,6 Mbps
b. Paket Unlimited Gratis Modem ( paket berlanggana 1 tahun )
1. Paket Basic : Rp 250.000,-/bulan ; kecepatan hingga 256 Kbps.
2. Paket Advance : Rp 350.000,-/bulan ; kecepatan hingga 512 Kbps
3. Paket Pro : Rp 525.000,-/bulan ; kecepatan hingga 3,6 Mbps

Selain kedua paket unlimited bulanan diatas, Telkomsel Flash juga memunculkan paket eceran yang dapat dinikmati dengan kartu AS dan Simpati milik pelanggan. Peket yang ditawarkan adlah :
1. Paket 5MB : Rp 5000, masa aktif 7 hari
2. Paket 30MB : Rp 20.000, masa aktif 30 hari
3. Paket 100MB : Rp 50.000, masa aktif 30 hari

Cara aktivasi Telkomsel Flash dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri secara langsung di Grapari ataupun melalui SMS. Untuk paket eceran cukup didaftarkan melalui SMS ke nomor 3636 dengan format FLASHONnominal_paket.
Sama halnya dengan penyedia jasa internet yang lain, Telkomsel Flash juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Telkomsel Flash adalah jaringannya yang luas yang memungkinkan para pengguna yang berada jauh dari pusat kota untuk menggunakan layanan dari Telkomsel Flash ini. Jaringan yang dimiliki oleh Telkomsel Flash pun cendeung lebih stabil. Selian itu Telkomsel Flash menyediakan layanan Call Center yang disebut dengan Carolina. Layanan ini tentu saja akan sangat membantu bari para pengguna yang mengalami kesulitan dalam pemakain Telkomsel Flash yang mereka miliki. Disisi lain. Telkomsel Flash juga memiliki kelemahan dalam hal koneksinya yang sering sulit meskipun sinyal yang ada cukup banyak ataupun penuh. Hal lain yang sering terjadi adalah pengguna sudah bias terkoneksi dengan internet namun tidak dapat menerima ataupun mengirimkan data. Bukan hanya kecepatannya yang lambat namun bahkan pengguna sama sekali tidak dapat mengakses apapun. Satu hal lagi yang merupakan kelemahan Telkomsel Flash adalah tidak adanya peringatan bagi pengguna terkait dengan seting APN yang mereka miliki. Tekadang pengguna dihadapkan pada suatu peristiwa dimana tagihan melonjak atau sisa pulsa yang mereka miliki menurun dengan drastic karena ternyata koneksi dengan internet yang mereka lakukan tidak menggunakan system unlimited, sehingga koneksi yang terjadi menggunakan tariff normal yang relative mahal.

Dalam menentukan paket dan jenis penyedia jasa yang akan kita gunakan tentu harus disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kita dan kemampuan kita dalam membayar. Sebagai seorang mahasiswi, saya akan lebih memilih menggunakan Telkomsel Flash Paket Advance yang dapat dinikmati dengan biaya Rp 225.000,-/bulan dan kecepatan hingga 512 Kbps. Paket ini justru lebih ekonomis dari paket prabayar Broom Bastis Unlimited yang dapat dinikmati dengan harga Rp 200.000/bulan namun kecepatan yang ditawarkan hanya 3GB (lebih rendah dari 256 Kbps). Selain pertimbangan biaya, hal lain yang menjadi penentu dalam pengambilan keputusan tersebut adalah jaringan Telkomsel Flash yang lebih stabil dan lebih luas daripada Im2 dan Smart. Hal ini telah saya buktikan dengan menggunakan layanan internet di daerah yang jauh dari pusat kota, dan pada kenyataannya Telkomsel Flash dapat digunakan dengan baik dan secara maksimal disana. Disamping itu Telkomsel Flash terbukti memiliki kecepatan dalam men-download file secara lebih cepat daripada Im2, file-file dengan kapasitas yang cukup besar dapat di-download secara lebih cepat dengan menggunakan Telkomsel Flash ini.

ANALISIS TOTAL COST OF OWNWRSHIP

MICROSOFT OFFICE 2007
Microsoft Office 2007 merupakan perkembangan dari Microsoft Office 2003 yang tampil dengan menu yang jauh lebih praktis, inovatif, dan informatif.
Software asli Microsoft Office 2007 dijual dengan harga yang relatif tinggi. MS-Office Professional saat ini dijual dengan harga $499.95 dan MS-Office Ultimate dijual dengan harga $679.95. Sedangkan di pasaran sudah beredar versi bajakan dari MS-office 2007 yang bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah atau bahkan gratis. Tak jarang para pengguna MS-office 2007 mendapatkannya dengan download di internet, menyewa dari berbagai persewaan software, atau bahkan mereka mendapatkan bersamaan dengan saat dibelinya komputer atau netbook yang mereka miliki.
MS-office 2007 dapat digunakan dengan mudah, tidak ada lagi menu yang ditampilkan dengan list memanjang ke bawah seperti pada MS-office 2003, semuanya muncul dengan ikon-ikon yang menarik pada toolbar. Para pengguna computer pasti dengan mudah dapat mempelajari dan menyesuaikan dengan perubahan yang ditampilkan dalam MS-Office 2007.
Fasilitas upgrade juga tersedia melalui internet dalam situs resmi Microsoft, yaitu http://www.microsoft.com. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh program yang ia miliki sebelumnya.
Terkadang MS-Office 2007 tidak dapa dihapus dengan menggunakan Add or Remove Programs di Control Panel. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa eror pada system yang tersedia. Untuk itu pengguna harus mengikuti langkah-langkah manual yang terdapat di http://www.mydigitallife.info/2009/01/03/how-to-manually-uninstall-microsoft-office-2007-system-suite/ .
Kelebihan MS-Office 2007 terletak pada kemudahan dalam penggunaannya.dan MS-Office 2007 ini cukup familiar dan cukup membantu para pengguna. Para pengguna juga dapat dengan mudah menginstal program tambahan yang diperlukan. Namun biaya perolehan yang harus dikeluarkan sangatlah tinggi. Hal tersebut memaksa para pengguna yang tidak mampu membeli versi asli memakai versi bajakan yang tersedia banyak dipasaran.

OPEN OFFICE.ORG VERSI 3

Open office versi 3 merupakan sebuah program yang memiliki fungsi serupa dengan Microsoft Office, dan bahkan penggunaannya lebih mudah. Di versi baru ini, Open Office sudah mampu membaca file dari MS-Office 2007 yang semula tidak dapat terbaca di versi 2.4, seperti docx dan pptx.
Open Office versi 3 ini bisa diperoleh secara gratis dengan mendownload di internet pada alamat OpenOffice.org 3.1.0, panduan instalasi juga tersedia pada website tersebut. Cara pemakaian Open Office versi 3 ini relatif mudah dan sederhana, hampir serupa dengan MS-Office. Sehingga apabila pengguna terbiasa menggunakan MS-Office, pengguna akan bisa dengan mudah menggunakan Open Office versi 3 ini.
Pada saat ini sudah tersedia versi yang lebih baru lagi yaitu Open Office 3.2.0 yang bisa didapatkan dengan mudah. Untuk mengupgrade versi 3.1.0 ke versi 3.2.0 pengguna cukup menghapus ( remove ) versi yang lama dengan membuka control panel, memilih “add or remove program”, memilih program yang akan dihapus, dan kemudian mengklik pada tool “Change/remove”. Setelah versi yang lama terhapus, komputer akan siap menginstal versi terbaru yang diinginkan.
Kelebihan dari Open Office ini terletak pada cara perolehannya yang cukup mudah. Versi yang kita dapatkan juga merupakan versi asli, bukan lagi trial yang merepotkan apabila masanya sudah habis. Selain itu cara penggunaannya juga relative mudah dan Open Office ini biasanya merupakan program yang banyak di temui di berbagai warnet, sehingga para pengguna pasti familiar dengannya.
Kekurangan dari Open Office menurut saya terletak pada tampilannya yang kurang menarik, dan aabila kita membuka dokumen dengan format penyimpanan yang dilakukan di program lain maka format dari dokumen tersebut akan berubah dan memaksa pengguna untuk menyeting ulang.

GOOGLE DOCS
Google Docs merupakan suatu terobosan baru yang memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara online. Aplikasi ini dapat digunakan secara cuma-cuma (gratis) dan pengguna tidak perlu menginstal apapun di komputer untuk menjalankan program ini. Syarat utama untuk dapat mengaksesnya adalah mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun di Google Docs.
Sistem yang tersedia di Google Docs ini memudahkan pengguna dalam mengakses data dan dokumen apapun yang mereka miliki dimanapun mereka terkoneksi dengan internet. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah jangan sampai orang dapat secara bebas mengakses data milik pengguna, kecuali jika hal tersebut memang atas kehendak pengguna. Cara yang bisa digunakan untuk merawat dam menghindarkan data kita dari pembajakan sangat sederhana, cukup dengan menjaga kerahasiaan akun dan password yang dimiliki oleh pengguna.
Tidak ada persyaratan khusus untuk berhenti menggunakan Google Docs, pengguna bisa berhenti menggunakannya kapan pun kita mau.
Kelebihan dari Google Docs ini adalah sifatnya yang dapat memudahkan para pengguna menyimpan dan kemudian mengakses data dalam kapasitas yang besar tanpa harus mem-backup data tersebut kedalam perangkat lain seperti flash disk. Namun disisi lain pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengakses data apabila kita tidak terhubung dengan internet.

Sebagai seorang mahasiswi, saya akan lebih memilih untuk menggunakan Open Office versi 3. Cara perolehan yang mudah dan tanpa biaya merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi mahasiswa pada umumnya. Versi yang akan saya peroleh melalui download juga merupakan versi asli sehingga kelak saya tidak perlu repot apabila versi trial tersebut telah habis masa berlakunya.
Hal lain yang menjadi daya tarik adalah mudahnya kita mengoperasikan Open Office versi 3 ini. Open Office versi 3 juga memiliki program yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, kita juga tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk dapat mengaksesnya. Data-data yang tersimpan dalam format Open Office versi 3 juga dapat diakses melalui program yang lain seperti MS-Office 2007 dan sebagainya. Selain itu apabila kelak saya ingin meng-upgrade Open Office yang saya miliki, caranya pun sama mudahnya.

IDENTITAS PERSONAL

Nama : Scholastica Dania Pamulatira

Nama Panggilan : Tika

Tempat/Tgl lahir : Sleman / 2 Februari 1991

Jenis Kelamin : Perempuan

Status Perkawinan : Belum menikah

Agama : Katolik

Alamat : Ponosaran, Turi Sleman Yogyakarta 55551

E-mail : daniascho@gmail.com

Phone : 085729062088

RIWAYAT PENDIDIKAN

2008 – sekarang Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

2005 – 2008 SMU Stella Duce 1, Yogyakarta

2002 – 2005 SLTP Santo Aloysius Turi yogyakarta

1996 – 2002 SD Somohitan

1995 – 1996 TK Gracio Bekasi

PENGALAMAN ORGANISASI

  1. Ketua OSIS SLTP Santo Aloysius Turi periode 2004 / 2005
  2. Ketua II Putra-Putri Altar ( PA ) Gereja Santo Yohanes Rasul Somohitan periode 2007 / 2008
  3. Koordinator Sie. Konsumsi Orang Muda Katholik ( OMK ) Gereja Santo Yohanes Rasul Somohitan periode 2009/ 2010
  4. Tim Acara Accounting Action Days ( AAD ) Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yoryakarta periode 2009 /2010

PENGEMBANGAN SOFTSKILL

  1. Peserta Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ( LKTD ) SLTP Santo Aloysius Turi tahun ajaran 2002 / 2003
  2. Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) SLTP Santo Aloysius Turi tahun ajaran 2003 / 2004
  3. Peserta Latihan Dasar Pengembanagn Kepribadian Mahasiswa ( LDPKM ) Fakultas Ekonomi Atma Jaya Yogyakarta, 21-22 November 2008

TALKSHOW dan SEMINAR

  1. Peserta Studium Generale “Menuju Komunitas Multikultur yang Humanis”, UAJY, 1 November 2008
  2. Peserta talkshow “Market After Tommorow”, KSPM UAJY, 21 Oktober 2009
  3. Peserta talkshow “Pengujian Substantif Audit Forensik Pada Eksternal Audit”, FE UAJY, 6 April 2009
  4. Peserta seminar “Entrepreneurship for Success”, Oleh Djarum Bakti Pendidikan, UAJY, 25 April 2009

KETERAMPILAN KOMPUTER

  1. Operating System : Windows 98, XP
  2. Application Software : MS Word, Excel, Power Point

KARAKTER PRIBADI

Jujur, bertanggungjawab, mandiri , mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain, memiliki keterampilan dan kemampuan dalam memimpin, kreatif dan mampu bekerja dalam team.

SPECIAL INTEREST

Music, Membaca, Jalan-jalan, dan Menonton Film.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s